Membuat PivotTable pada Microsoft Excel


PivotTable   merupakan cara yang hebat untuk meringkas, menganalisis, menjelajahi, dan menyajikan data, dan Anda dapat membuatnya hanya dengan beberapa klik. PivotTable sangat fleksibel dan dapat dengan cepat disesuaikan tergantung pada bagaimana Anda perlu untuk menampilkan hasil. Anda juga dapat membuat PivotChart berdasarkan PivotTable yang akan diperbarui secara otomatis saat PivotTable sedang diperbarui.

[!!!] Hal yang harus diperhatikan:



·      Data Anda harus diatur dalam format bertabel, dan tidak memiliki satu pun baris atau kolom kosong. Idealnya, Anda dapat menggunakan tabel Excel seperti dalam contoh.

·      Tipe data dalam kolom harus sama. Misalnya, Anda tidak boleh mencampur tanggal dan teks di kolom yang sama.


Membuat PivotTable secara manual



  1. Siapkan sumber data yang akan digunakan untuk membuat Pivot Table,

  2. Blok data untuk PivotTable,

  3. Klik INSERT >> PivotTable


    Setelah itu akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini,

  4. Pada "Select a table or range" telah terisi table yang telah diblok sebelumnya
    Kemudian pilih lokasi hasil pivot table akan ditempatkan pada "choose where you want the PivotTable report to be place."
    Disini terdapat 2 pilihan yaitu :
    1.    "New worksheet" apabila Anda ingin menempatkan hasil pivot table pada worksheet baru yang masih kosong,
    2. "Existing worksheet" apabila Anda ingin hasil Pivot Table pada sheet yang sama dengan data yang akan di Pivot Table dengan memilih sel yang akan ditempatkan.
  5. Klik OK, lalu Excel akan membuat PivotTable kosong, dan menampilkan daftar PivotTable Fields,

  6. Centang field-field yang terdapat pada "choose fields to add to report" sesuai data yang akan Anda gunakan.

    Field berdasarkan data yang akan dicari ditempatkan pada report filter / row labels / column labels sedangkan field yang akan dicari nilainya ditempatkan pada values.
    Field-field pada data yang akan dicari sobat excel bisa pindahkan sesuai dengan keinginan data pivot table disajikan
    ·      Report filter jika penyajian data terdapat filter.
    ·      Row labels jika penyajian data dalam bentuk baris (seperti pada contoh diatas).
    ·      Column labels jika penyajian data dalam bentuk kolom.
    Sedangkan pada values (field yang akan dicari nilainya) terdapat beberapa pilihan nilai yang akan disajikan.

  7. Apabila Anda ingin mencari nilai berdasarkan bentuk lainnya (jumlah sel, nilai rata-rata dan sebagainya) silahkan diganti dengan cara klik pada (sum of jumlah) lalu pilih value field settings


    kemudian pilih pada pilihan yang diinginkan. Contohnya jika kita ingin mencari nilai terbear, maka yang dipilih adalah "Max," lalu klik OK,

  8. Setelah semua langkah dan cara Membuat Pivot Tabel Microsoft Excel yang anda buat di atas telah benar maka hasil dari Pivot tabel akan tampak seperti gambar di bawah ini :



    Dari data tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa Rata-rata Nilai terbesar lulus pada tahun 2016 dengan nilai 99.

Demikian penjelasan dan Tutorial Cara Membuat Laporan Pivot Tabel pada Microsoft Excel semoga bermanfaat bagi Anda!

Download Tutorial Membuat PivotTable Microsoft Excel








0 komentar:

Posting Komentar